Sistem Lelang Tanah Dalam UU Petani Sangat Jahat

//Sistem Lelang Tanah Dalam UU Petani Sangat Jahat

Sistem Lelang Tanah Dalam UU Petani Sangat Jahat

Laporan Wartawan Tribunnews, Eri Komar Sinaga
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA– Amin (48) seorang petani lahan garapan di daerah Cikamurang Jawa Barat mengungkapkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani (UU Perlintan) tidak menjamin kelangsungan hidup petani.

Amin menceritakan dengan adanya UU Perlintan tersebut menyebabkan petani miskin menyewa lahan atau tanah kepada negara namun harganya sama dengan menyewa kepada petani lain yang memiliki tanah. Hal itu disebabkan karena pemerintah melaksanakan sistem lelang.

“Ini yang sudah berjalan khususnya di wilayah yang sudah berproduktif ini disewakan bahasanya oleh pemerntah daerah melalui pelelang, pelelang terus langsung ke petani,” ujar Amin kepada Tribunnews usai persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Kamis (16/1/2014).

Amin menyebut pelelang dalam sistem tersebut sangat jahat karena menyewakan tanah negara kepada petani penggarap dengan harga umum yang biasa milik petani.

Sistem lelang, kata Amin, bertentangan dengan undang-undang yang ada. Menurut dia, cara seperti ini sudah diberlakukan sejak belum era otonomi daerah diberlakukan.

“Kenyatannya sekarang menggarap lahan negara itu dengan cara nyewa seperti nyewa kepada petani pemilik lain. Sepeti bukan milik negara. Ini yang sangat saya keluhkan selama ini karena di lahan yang sudah produktif saya tidak mampu menggarap karena sewanya, terpaksa saya merambah ke wilayah hutan yang terlantar di sana di daerah Cikamurang,” kata dia.

Amin mengatakan daerah Cikamurang tanah negara yang terlantar masih luas. Amin khawatir dengan UU Perlintan tersebut, Pemerintah kemudian mengklam tanah garapan tersebut sebagai lahan produktif dan kemudian diterapkan sistem lelang untuk pengolahannya.

“Makanya saya sampai di MK jangan-jangan nanti di wilayah telantar di Cikamurang nanti kalau sudah produktif digitukan lagi karena dasar undang-undangnya sekarang. Walaupun undang-undang perlindungan petani kan di situ ada pasal-pasal yang kaitannya dengan sewa. Sekarnag di Indramayu masa bodo tapi nanti kalau sudah produktif boleh jadi nanti itu dimanfaatkan dan diatur dengan aturan-aturan lokal.,” terang Akmin.

Amin mengatakan sistem sewa melalui pelelangan sangat memberatkan petani garapan karena dalam undang-undang tersebut tertera pembagian kelas tanah yakni kelas 1 dan 2. Kelas 1 lebih mahal dari kelas dua karena kelas dua airnya lebih susah.

Amin kini menggarap tanah negara di daerah Cikamurang seluas dua hektare. Tanah tersebut untuk menghidupi keluarganya.

“Kurang lebih dua hektare. Lihat tangan saya,” kata Amin sembari memamerkan telapak tangannya yang mengeras.

Sekedar informasi, Mahkamah Konstitusi hari ini menggelar uji materi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani (UU Perlintan). Norma yang diajukan adalah Pasal 59, 70 ayat (1), dan 71 ayat (1).

Pemohon dalam uji materi yang terdaftar dalam nomor perkara 87/PUU-XI/2013 adalah Farmer Initiatives for Ecological Livelihoods and Democracy (FIELD), Aliansi Petani Indonesia (API), Serikat Petani Indonesia (SPI), Indonesian Human Rights Committee for Social Justice (IHCS), Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA), Yayasan Bina Desa Sadajiwa (Bina Desa), Indonesia for Global Justice (IGJ), Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP), Perkumpulan Sawit Watch, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), dan Komisi untuk Orang Hilang dna Korban Tindak Kekerasan (Kontras).

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Hendra Gunawan

This post is also available in: English

By | 2015-01-07T08:32:14+00:00 Maret 3rd, 2014|Berita|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.