Sains Petani 2017-07-21T12:37:28+00:00

Sains Petani

Petani – sebagaimana kaum masyarakat lainnya – memiliki kehidupan yang kompleks.  Mereka berurusan dengan soal budidaya tanaman, pembelian input pertanian dan penjualan atau pemasaran produk pertaniannya, kehidupan bermasyarakat dan berjaringan antar petani, interaksi dengan stakeholder lainnya, serta persoalan pemerintahan dan kebijakan, interaksi dengan alam (pengelolaan lingkungan) serta aspek kehidupan lainnya.

Agar dapat “bermain secara sehat / fair play” dalam berbagai aspek kehidupan (= “ekosistem”) tersebut dengan baik (dalam pengertian tidak ditindas, tidak menindas, dan dapat mengelola dengan baik agar kehidupan bisa berlangsung lebih sehat dan lebih berumur panjang), maka kaum petani perlu memahami bagaimana masing-masing “ekosistem” bekerja.  Berarti mereka perlu memahami:

  • siapa-siapa saja pemain yang bermain didalam ekosistem-ekosistem tsb
  • apa peran dan fungsinya
  • bagaimana pemain-pemain tersebut bekerja
  • hubungan sebab – akibat yang terjadi dalam interaksi antar pemain

Dengan memahami bagaimana bekerjanya ”ekosistem-ekosistem kehidupan” tersebut, diharapkan kaum petani dapat menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan untuk mengelolanya.  Proses pemahaman atau pencarian jawaban ini disebut dengan SAINS.

Dalam proses SAINS ini setidaknya ada 2 hal penting, yaitu:

  1. Sikap sains (scientific attitude):
    • Sikap ingin mencari tahu, mencari jawaban, dan adanya tindakan / upaya untuk mencari jawaban secara langsung dari persoalan yang dihadapi, bukan mendengar dari orang lain ataupun membaca buku, serta bersikap kritis terhadap informasi ataupun pengetahuan dari luar.
    • Sikap mencari tahu ini dalam konteks sains petani bukan sekedar ingin tahu, melainkan terkait dengan kebutuhan, kepentingan, dan kondisi perikehidupannya.
  1. Metoda sains (scientific method): Metoda atau teknik-teknik untuk mencari jawaban, bukti-bukti, kesimpulan, pemahaman.  Ada beberapa macam teknik mencari jawaban – yang kita sebut dengan istilah STUDI ataupun PENELITIAN – antara lain:
    • Pengamatan
    • Percobaan / eksperimen

Dalam proses sains ini,  petani mengalami rangkaian proses yang secara garis besar seperti berikut:

Hasil dari proses sains ini antara lain pengetahuan dan teknologi.  Jadi, pada dasarnya:

  • Sains adalah PROSES mempertanyakan dan mencari jawaban, sedangkan HASILNYA bisa berupa pengetahuan ataupun teknologi.
  • Sains petani merupakan proses pencarian jawaban yang dilakukan oleh petani agar dapat mengelola perikehidupannya secara lebih baik.

This post is also available in: English