Pemuliaan tanaman adalah merupakan pengetahuan dan ketramilan untuk menciptakan varietas tanaman yang lebih baik untuk perbaikan kualitas benih, peningkatan hasil produksi, perbaikan adaptasi terhadap tekanan lingkungan dan efisiensi terhadap input, serta tahan terhadap hama penyakit.

Benih dalam dunia pertanian merupakan bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dalam usaha pertanian. Dalam beberapa dekade terakhir ini sumber genetik lokal sudah sangat menurun dan sebaliknya petani sangat tergantung oleh varietas unggul. Hal ini secara tidak langsung telah mendukung terciptanya kepunahan varietas lokal yang mempunyai ketahanan terhadap ekosistem setempat. Selain itu kondisi pertanian saat ini menunjukkan bahwa produktivitasnya sukar untuk di tingkatkan lagi karena adanya penurunan kualitas tanah dan lingkungan pertanian, sehingga petani harus mencari alternatif lain dengan cara mengembangkan sumber-sumber genetik lokal sendiri.

Penguatan pemuliaan tanaman petani merupakan langkah yang sangat strategis untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran kritis, mengembangkan sumber-sumber genetik  lokal, dan memandirikan petani.

This post is also available in: English