IWINS Gelar Workshop Isu Sanitasi dan Air Bersih di Wilayah Pasuruan

//IWINS Gelar Workshop Isu Sanitasi dan Air Bersih di Wilayah Pasuruan

IWINS Gelar Workshop Isu Sanitasi dan Air Bersih di Wilayah Pasuruan

IWINS Gelar Workshop Isu Sanitasi dan Air Bersih di Wilayah Pasuruan

12 Mei 2016.

Pasuruan (Kabarpas.com) – Initiatives for Watsan Improvement through Networking Support (IWINS) area Pasuruan, menggelar Workshop Isu Sanitasi dan Air Bersih di Kabupaten dan Kota Pasuruan di Mata Media Massa.

Dalam acara yang digelar di salah satu café dan resto di kawasan jalan Panglima Sudirman (Pangsud) Kota Pasuruan tersebut, pihak IWINS menyampaikan hasil capaian programnya, khususnya upaya peningkatan akses air bersih dan sanitasi bagi warga miskin yang ada di wilayah setempat.

“Sanitasi yang ada di Kabupaten Pasuruan sangat memprihatinkan. Sebab dari sekitar 1,6 juta jiwa, hanya 40 persen atau 200.000 diantaranya tidak memiliki jamban untuk buang air besar (BAB),” ujar Manager USAID-IWINS Area Pasuruan, M Dardiri, saat memaparkan evaluasi hasil capaian yang dilakukan IWINS di wilayah Pasuruan, Kamis (12/05/2016).

Meski begitu, pria yang akrab disapa Kang Jody ini menegaskan, selama ini pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Pemkab maupun Pemkot Pasuruan, yaitu dalam rangka untuk mengatasi permasalahan tersebut khususnya untuk membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya sanitasi bagi kesehatan.

“Kami sudah melakukan berbagai kegiatan, yaitu seperti sekolah lapang untuk mendidik masyarakat agar memahami pentingnya sanitasi dan air bersih dilakukan di berbagai tempat. Selain itu, kami juga sudah membangun Instalasi Penampung Air Limbah (IPAL) Komunal di dua lokasi yang ada di Kelurahan Kebonagung dan Kepel, Kota Pasuruan serta IPAL Komunal di Grati dan Pondok Pesantren Ngalah Purwosari serta Pondok Pesantren di Sukorejo,” kata Kang Jhody dihadapan sejumlah awak media di Pasuruan.

Sementara itu, Head Monev USAID-Iwins Jatim, Dina Mustikaningrum menyampaikan, pada tahun pertama pihaknya memfokuskan pada dua pilar, yakni dipadukan dengan inisiasi untuk membangun jaringan baik dengan pemerintah, swasta dan organisasi lainnya.

“Sejak dua tahun lalu, program kerja kami prioritaskan untuk air bersih dan sanitasi bagi masyarakat kota dan kabupaten pasuruan. Program IWINS ini bekerjasama dengan Dinas PU dan PDAM sesuai dengan program pusat akan dituntaskan pada tahun 2019 mendatang, ” pungkasnya. (ajo/gus).

Sumber: Kabarpas

This post is also available in: English

By | 2017-07-21T12:38:09+00:00 Mei 12th, 2016|Berita|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.