Inisiatif untuk Perbaikan Watsan melalui Dukungan Jaringan

/Inisiatif untuk Perbaikan Watsan melalui Dukungan Jaringan
Inisiatif untuk Perbaikan Watsan melalui Dukungan Jaringan 2015-01-06T10:40:51+00:00

FIELD sedang melaksanakan Program IWINS (Initiatives for Watsan Improvement through Networking Support) atau Inisiatif untuk Perbaikan Watsan melalui Dukungan Jaringan , kegiatan program tersebut dilaksanakan di Kota dan Kabupaten Pasuruan yang merupakan wilayah urban dan  satelitnya Surabaya. Ada banyak kelebihan dalam kapasitas di dua  PDAM yang bersangkutan untuk mendukung perluasaan pelayanan air di wilayah tersebut. Menumbuhkan permintaan yang diperlukan untuk mempercepat perbaikan masalah air dan sanitasi merupakan masalah utama. Ada sedikit kesadaran secara umum akan pentingnya sanitasi dasar yang layak, terutama dalam kaitannya dengan kesehatan masyarakat.

Salah satu alasan untuk memilih lokasi adalah peran sentral pesantren di masyarakat setempat. FIELD-IWINS akan menggabungkan pengalaman praktek “Sekolah Lapangan” dan kegiatan dakwah pesantren dalam paket inovatif yang melibatkan kelompok perempuan Islam tingkat masyarakat untuk memobilisasi permintaan dan menerapkan Sekolah Lapangan Watsan. Selain melalui serangkaian pertemuan informal dan formal antara pesantren, masyarakat, pemerintah daerah, dan sektor swasta forum multi-stakeholder Watsan akan dibuat untuk menjamin keberlanjutan program.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat miskin kota untuk suplai air bersih dan fasilitas sanitasi yang baik melalui pembangunan sistem air dan sanitasi komunal dan berbasis pendidikan watsan  masyarakat di wilayah Pasuruan, sehingga anggota masyarakat menikmati peningkatan kualitas hidup. Tujuannya untuk:

  • Meningkatkan pemahaman masyarakat di Pasuruan sehingga mereka dapat menjelaskan inter-koneksi antara memiliki akses terhadap air bersih dan menikmati peningkatan kualitas hidup;
  • Membangun supai air yang aman bagi masyarakat dan perbaikan  sistem sanitasi di wilayah yang ditargetkan, yang mencakup partisipasi masyarakat;
  • Membangun kapasitas masyarakat agar dapat mengorganisir diri untuk menjaga dan mengelola pasokan air bersih masyarakat yang berkelanjutan secara ekonomi dan sistem sanitasi yang baik;
  • Membangun kapasitas masyarakat untuk dapat melobi dan memanfaatkan dukungan pemerintah dan swasta untuk pasokan air bersih masyarakat dan sistem sanitasi yang baik.
  • Menciptakan dukungan program dari pemerintah daerah dan sektor swasta untuk pengembangan watsan  masyarakat melalui forum multi-stakeholder.

Hasil yang diharapkan utama proyek ini meliputi:

  • 900 orang dalam 3 Pesantren mendapatkan akses untuk perbaikan sanitasi melalui pembangunan sistem baru di pesantren mereka.
  • 6.000 orang di 12 komunitas di kota dan kabupaten  Pasuruan  mendapatkan akses ke suplai air minum yang baik  yang telah  dibangun dan dioperasikan (6) dan sistem sanitasi (6).
  • Setidaknya 3 sistem pasokan air bersih dan / atau perbaikan sistem sanitasi,  yang telah dibangun dengan dukungan dCSR dan / atau pemerintah daerah.

This post is also available in: English