FKPS Deklarasikan “Ayo Nggawe WC”, Bupati Irsyad: Stop Buang Air Besar Sembarangan

24 Mei 2016.

Pasuruan (Kabarpas.com) – Forum Kabupaten Pasuruan Sehat (FKPS), yang dikomandani Muslim Mustajab mendeklarasikan “Ayo Nggawe WC”, yang merupakan salah satu program terpadu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan.

“Saatnya kita rama-ramai nggawe WC, dan tidak buang air besar sembarangan,” ujar Ketua Forum Kabupaten Pasuruan Sehat, Muslim Mustajab, saat deklarasi “Ayo Nggawe WC” di Pondok Pesantren Al-Hidayah II, Desa Lecari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Selasa (24/05/2016).

Sementara itu, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menyampaikan bahwa gerakan “Ayo Nggawe WC” ini selain bisa memperbanyak sarana dan prasarana sanitasi, baik WC maupun IPAL Komunal. Juga mampu merubah kebiasaan warga yang biasa buang air besar (BAB) sembarangan.

“Stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan,” ujar Bupati Irsyad yang kemudian disambut dengan tepuk tangan oleh para tamu undangan.

Meski demikian, Bupati mengaku bahwa warganya masih banyak yang melakukan BAB sembarangan. Dan itu bukan semata karena mereka tidak memiliki WC maupun IPAL Komunal, melainkan karena sudah jadi kebiasaan warga setempat.”Melalui gerakan ini kami ingin merubah kebiasaan buruk warga yang sebagian diantara mereka, biasanya melakukan membuang BAB sembarangan,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh satkernya untuk menindaklanjuti hal itu sesuai tupoksinya masing-masing. “Kami akan mendukung program gerakan Ayo Nggawe WC ini, yaitu dengan cara menambah anggaran untuk percepatan program tersebut,” pungkasnya. (ajo/gus).

Sumber: Kabarpas

This post is also available in: English