Bupati Irsyad Canangkan Gerakan “Ayo Nggawe WC”

//Bupati Irsyad Canangkan Gerakan “Ayo Nggawe WC”

Bupati Irsyad Canangkan Gerakan “Ayo Nggawe WC”

Bupati Irsyad Canangkan Gerakan “Ayo Nggawe WC”

Selasa, 24 Mei 2016.

Sukorejo (wartabromo) – Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mencanangkan Gerakan Terpadu “Ayo Nggawe WC”. Gerakan ini, selain bisa memperbanyak saran-prasarana sanitasi baik WC maupun IPAL Komunal, juga mampu merubah kebiasaan warga buang air besar (BAB) sembarangan

Dalam pencanangan Gerakan Terpadu “Ayo Nggawe WC” (ayo membangun WC). Deklarasi “Ayo Nggawe WC” dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Hidayah, Desa Lecari, Kecamatan Sukorejo, Selasa (24/5/2016), bupati juga menanda-tangani Instruksi Bupati Pasuruan tentang Percepatan Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Deklarasi “Ayo Nggawe WC” dilakukan unsur SKPD terkait, Forum Kabupaten Pasuruan Sehat dan warga. “Ayo Nggawe WC, untuk Pasuruan Maslahat,” kata Ketua Forum Kabupaten Pasuruan Sehat, Muslim Mustajab, saat deklarasi.

Bupati Irsyad sendiri mengakui masih banyak warga yang BAB sembarangan, bukan semata karena tidak adanya WC maupun IPAL Komunal, namun juga karena sudah jadi kebiasaan warga.

“Dengan gerakan ini, selain kami menyediakan sarana-prasarana, juga ingin merubah budaya dan kebiasaan dari warga. Sisi mentalitas ini harus diutamakan,” kata Irsyad.

Pihaknya juga menginstruksikan seluruh SKPD menindaklanjutinya sesuai tupoksinya masing-masing. Pemerintah daerah, kata dia, akan mendukung dengan menambah anggaran untuk percepatan program tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, bupai juga meresmikan sarana sanitasi dan air bersih di empat kelompok masyarakat dan dua pesantren di Kabupaten Pasuruan, yang dibangun oleh USAID-IWINS. (fyd/fyd)

Sumber: Wartabromo

This post is also available in: English

By | 2017-07-21T12:38:08+00:00 Mei 24th, 2016|Berita|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

*