Buat Arisan WC, Bayar Rp 15 Ribu per Minggu

//Buat Arisan WC, Bayar Rp 15 Ribu per Minggu

Buat Arisan WC, Bayar Rp 15 Ribu per Minggu

Buat Arisan WC, Bayar Rp 15 Ribu per Minggu

BANGUNAN persegi dengan panjang 3,5 meter x 12,5 meter itu berdiri kokoh di lahan kosong sebuah pemukiman. Berdekatan dengan lahan pertanian. Tingginya sekitar 40 sentimeter. Sekilas, bangunan ini mirip septic tank (tempat pembuangan limbah).

Namun, lebih besar Ya, inilah instalasi pengolahan air limbah atau IPAL. “Ini IPAL. Untuk pengolahan air limbah warga di sekitar Dusun Ngegot, Kelurahan Kebun Agung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Ada sekitar 100 keluarga yang pembuangan limbahnya dialirkan ke IPAL ini,” ungkap M. Rifa’i, ketua Jemaris.

Jemaris sendiri baru dibentuk pada 3 November 2015. Meskipun mereka sebenarnya sudah ada sejak tiga tahun lalu. Komunitas ini dibentuk lantaran 15 komunitas sejenis di Kabupaten/Kota Pasuruan berkomitmen untuk terus peduli pada sanitasi di Pasuruan.

Pembentukan 15 komunitas itu sendiri merupakan bagian dari program yang dikembangkan IWINS ( Initiatives for Watsan Improvement through Networking Support) yang merupakan program dari USAID. Namun, program ini hanya berjalan 3 tahun. Artinya, pada 2016 program itu akan berakhir.

“Sementara, kami ingin program sanitasi ini terus berlanjut. Karena itu, dibentuklan komunitas Jemaris,” ucap Arief Lukman Hakim, project manager IWINS.  Komunitas Jemaris sendiri akan terus dikembangkan. Kendati saat ini baru ada 35 anggota yang tersebar di 15 komunitas.

Setiap anggota Jemaris, menyasar 100 keluarga terdampak. Untuk sementara, program yang sudah aktif yaitu pembuatan IPAL di Kelurahan Kebun Agung, Kecamatan BugulKidul, Kota Pasuruan dan di Pondok Pesantren Ngalah, Purwosari.

Program di Kelurahan Kebun Agung khususnya di Dusun Ngegot ini, sudah berjalan sekitar 5 bulanan. Di sini, IPAL juga me- nyasar 100 keluarga terdarnpak dan berimbas pada 2.100 jiwa.  Khusnul, 35, salah satu warga di dusun setempat mengakui, saat ini masih ada warga yang memilih buang air besar (BA) di sungai.

“Terutama kalau sungainya ngalir, masih ada yang milih BAB di sungai,” ujarnya. Bahkan, masih ada tetangganya yang belum memiliki kamar mandi. Memang, ada kamar mandi umum dua unit. Tapi, perawatannya tidak maksimal.

Satu kamar mandi sudah rusak dan satunya sering kotor.  Nah, sejak ada program sanitasi ini, warga pun diajak ikut menjaga kebersihan. Selain ada pembinaan, juga mengajak warga membentuk kelompok kerja untuk perbaikan sanitasi ini.

Nah, setelah IPAL dibangun pada Agustus lalu, ada jaringan pipa ke rumah warga.  “Warga lalu urunan agar sambungan pipa itu masuk ke rumahnya. Akhirnya dibuatlah arisan yang dinamakan arisan WC,” ungkap Rifai  Rata-rata kebutuhan pipa sambungan ini sekitar Rp 300 ribu-Rp 500 ribu.

Warga pun ikut arisan yang dikoordinir oleh PKK atau Ibu RT dengan membayar iuran Rp 15 ribu per minggu.  Saat ini, jumlah rumah yang mempunyai jamban sehat sudah bertambah. Harapannya, jumlah jamban akan terus bertambah.

Jumawan, kasi kesehatan lingkungan Dinas Kesehatan Kota Pasuruan mengatakan, saat ini masyarakat yang punya akses jamban sehat sudah naik. Pada 2010 sebesar 69 persen, lalu di tahun 2015 menjadi 76 persen.

Harapannya, di tahun 2016 setiap kelurahan mengantongi sertifikat ODF (Open Defecation Free) atau bebas buang BAB sembarangan. Nantinya program ini tidak hanya mengembangkan sanitasi, juga jamban sehat.

Bahkan, awal Januari nanti, Komunitas Jemaris akan menggelar jambore Masyarakat Air Bersih dan Sanitasi di GOR Kota Pasuruan. “Nanti akan ada pameran kegiatan dan kampanye untuk hidup lebih sehat,” pungkasnya (radar).

Sumber: Kabarbromoterkini

This post is also available in: English

By | 2017-07-21T12:38:13+00:00 Desember 3rd, 2015|Berita|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

ERROR: si-captcha.php plugin: GD image support not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable GD image support for PHP.

ERROR: si-captcha.php plugin: imagepng function not detected in PHP!

Contact your web host and ask them to enable imagepng for PHP.