Adaptasi Perubahan Iklim

/Adaptasi Perubahan Iklim
Adaptasi Perubahan Iklim 2015-01-05T19:38:12+00:00

Perubahan iklim atau lebih tepatnya perubahan unsur-unsur iklim berpengaruh terhadap ekosistem karena unsur iklim terkait dan berinteraksi satu sama lain. Sehingga penting sekali untuk mengetahui apa yang berubah? Dan apa yang paling dominan yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

Apa yang terjadi pada suatu kawasan dan berubah seiring dengan perubahan iklim hujan, angin, panas, dingin, kering dan lain-lain merupakan interaksi antara keadaan atmosfir dan keadaan biofisik setempat. Oleh karena itu disamping menganalisa kondisi atmosfir juga penting untuk melakukan analisa terhadap kondisi biofisik setempat. Melakukan analisa interaksi antara unsur iklim dan posisi desa dan biofisik dalam kaitan perubahan iklim akan memudahkan masyarakat untuk beradaptasi dengan perubahan iklim.

Perubahan iklim saat ini telah mengganggu kenyamanan hidup manusia dan lingkungannya. Sehingga harus diantisipasi agar dampak buruk perubahan iklim tidak meluas, diperlukan pemahaman dan langkah antispatif untuk menghadapinya. Salah satu cara adalah melakukan pelatihan Adaptasi Perubahan Iklim, dengan pengetahuan dan ketrampilan menghadapai perubahan iklim organisasi masyarakat,lembaga non pemerintah, dan pemerintah dapat merancang aksi bersama untuk melakukan adaptasi dengan perubahan iklim.

This post is also available in: English